6 Tips Liburan ke Malaysia

liburan

liburan menyenangkan

Apa saja tips liburan ke Malaysia? Meskipun Malaysia ini Negara tetangga, tetap saja ini Negara orang yang memiliki aturan, budaya, kebiasaan, mata uang, sistem transportasi yang berbeda dengan Negara kita. Selalu ada yang harus dipelajari sebelum memasuki Negara orang, bukan? Nah, selain tips membeli tiket pesawat jauh-jauh hari, atau saat ada promo, ada banyak tips liburan ke Malaysia yang perlu anda ketahui.

  1. Menghemat biaya makan di Kuala Lumpur. Beli paket nasi goreng atau nasi lemak di 7eleven yang berharga sekitar 3RM, tetapi paket ini tanpa sendok. Jadi, dari rumah bawalah bekal sendok plastik. Kenapa tidak makan di rumah makan? Biaya standar untuk sekali makan di rumah makan 5-20 RM. Jika ingin makan masakan Indonesia, cobalah ke daerah Putra. Masakan Indonesia seperti soto dan bakso dijual di sana. Untuk lebih menghemat pengeluaran, bawalah bekal air mineral sendiri. Beli di warung atau supermarket, jangan membeli makanan atau minuman di tempat wisata, karena harganya lebih mahal.

 

  1. Hotel murah bertebaran di Chinatown tepatnya di Jalan Petaling (Petaling street), kawasan populer bagi backpacker. Jika budget anda berlebih, anda bisa menginap di hotel berbintang. Jika tidak, menginap di budget hotel/ hostel pun tidak masalah. Banyak hostel bersih dan nyaman di daerah ini. Selain karena faktor murah, ada lagi alasan lain mengapa anda harus memilih Chinatown, yaitu, lokasi ini dekat dengan terminal bus Puduraya. Ini terminal pusat bus-bus dari kota-kota lain di Malaysia. Chinatown juga dekat dengan stasiun monorail dan stasiun Rail Transit, dan Pasar Sentral.

 

  1. Soal transportasi, anda bisa gunakan fasilitas Go-KL. Atau, beli kartu Touch and Go (TnG) seharga 10 RM. Dengan kartu ini anda bisa bebas naik LRT, Komuter, Monorail, dan bus Rapid KL.

 

  1. Belanja oleh-oleh bisa di Central Market. Ini semacam pasar seni. Atau, bisa juga anda coba berbelanja di Chinatown, dan Bukit Bintang. Menurut pengalaman para backpacker, harga paling murah ditawarkan di Chinatown atau Bukit Bintang.

 

  1. Kemanapun anda pergi, bawa selalu paspor anda. Razia bisa terjadi kapan saja. Jika paspor ketinggalan atau sampai hilang saat ada razia, anda bisa repot berurusan dengan polisi.

 

  1. Setibanya di Malaysia, segera beli sim card provider Malaysia untuk menghemat biaya komunikasi dengan teman atau keluarga di Indonesia.

 

Be the first to comment on "6 Tips Liburan ke Malaysia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


five × one =