7 Tips Liburan ala Backpacker

liburan online

liburan

Backpacker bukan lagi hal aneh di telinga anda yang suka traveling. Backpacker bahkan menjadi jalan hidup bagi sebagian orang. Menjelajah dan belajar bertahan hidup di negeri orang, menikmati luasnya dunia. Semua ini terdengar sangat mengasyikkan. Tetapi, apakah anda benar-benar berani berpetualang seorang diri menjadi backpacker? Kenapa tidak? Berikut tips liburan ala backpacker yang bisa anda jadikan pedoman sebagai seorang backpacker pemula.

  1. Tentukan Negara tujuan anda. Jika anda pergi sendirian, baiknya kunjungi dulu Negara-negara tetangga terdekat. Pertama, anda tidak perlu visa. Kedua, tiket pesawat promo banyak ditawarkan untuk tujuan ke negara-negara seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Tentu anda sudah harus membuat paspor sebelum merencanakan perjalanan.
  2. Cari informasi detil mengenai akomodasi, tempat makan favorit para backpacker, dan transportasi di Negara tujuan anda. Jika perlu, pesan kamar hotel sejak anda masih di tanah air. Minta bantuan teman atau browsing saja di internet untuk mencari tempat penginapan dan restoran yang nyaman dan terjangkau. Atau beli buku panduan jalan-jalan keluar negeri. Buku-buku macam ini sudah banyak diterbitkan di Indonesia.
  3. Tentukan lokasi wisata mana saja yang ingin dikunjungi, dan dapatkan tips dan informasi lengkap mengenai lokasi tersebut. Rencanakan baik-baik dimana anda akan tinggal, berapa hari berada di sana, dan transportasi apa saja yang bisa anda gunakan, sekaligus biaya yang harus dikeluarkan.
  4. Jangan membawa terlalu banyak barang untuk memudahkan perjalanan anda. Bawa keperluan mandi yang berukuran kecil, siapkan sepatu yang nyaman di kaki dan sandal jepit untuk mandi. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, tisu basah, dan lotion nyamuk. Sangat mungkin anda menginap di hostel yang tidak terjamin kenyamanannya.
  5. Bawa kamus bahasa setempat. Jika anda tidak fasih berbahasa inggris, bawa juga kamus bahasa Inggris. Missal anda pergi ke Bangkok, belum tentu orang Bangkok banyak yang bisa berbahasa Inggris, maka anda perlu belajar sedikit bahasa Thailand untuk mempermudah komunikasi di perjalanan.
  6. Tidak perlu takut, khawatir atau bingung saat pertama kali menginjakkan kaki di negeri orang. Bahagiakan diri anda dengan pemikiran bahwa anda sudah ada di luar negeri! Pengalaman menyenangkan menunggu di depan mata! Jika anda takut, maka ajaklah teman. Teman tidak hanya memberikan rasa aman, tapi juga bisa membantu anda menghemat pengeluaran. Anda bisa patungan biaya penginapan dan transportasi.
  7. Eksplorasi hal-hal yang tidak banyak diketahui turis. Sebagai backpacker, pengalaman anda harusnya berbeda dengan pengalaman turis lain yang berkantong tebal. Cobalah makan-makanan yang tidak anda temui di Indonesia, dan tanyakan pada warga lokal destinasi apa saja yang direkomendasikan untuk dikunjungi dan belum terkenal. Perjalanan anda akan lebih mengesankan.

 

 

Be the first to comment on "7 Tips Liburan ala Backpacker"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


5 × one =